https://majalengka.times.co.id/
Wisata

Pariwisata Majalengka Siap Sambut Momen Libur Lebaran 2024

Kamis, 04 April 2024 - 12:55
Pariwisata Majalengka Siap Sambut Momen Libur Lebaran 2024 Ilustrasi wisatawan tengah mengunjungi Objek Wisata Alam Curug Cipeuteuy saat momen libur hari besar (FOTO: Disparbud Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMES MAJALENGKA, MAJALENGKA – Momen libur Lebaran tahun ini, diperkirakan sekitar 193 juta orang akan melakukan perjalanan mudik, termasuk ke Kabupaten Majalengka.

Menyikapi hal itu, Pemkab Majalengka melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud Majalengka), memproyeksikan lonjakan signifikan dalam pergerakan massa.

Kepala Disparbud Majalengka, H. Ida Heriyani menyoroti dampaknya terhadap kunjungan wisatawan ke daerah tersebut, terutama dengan adanya Bandara Internasional Jawa Barat yang dapat menarik minat bagi para pengunjung.

"Kami telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik untuk mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke Majalengka," ungkap Ida Heryani, Kamis (4/4/2024).

Dengan 186 objek wisata yang tersedia, termasuk beberapa destinasi favorit selama libur Lebaran, pihaknya optimis akan menjadi magnet bagi wisatawan untuk merasakan pengalaman berkesan.

Lebih lanjut, Ida menjelaskan bahwa Pemkab Majalengka juga telah menyiapkan upaya-upaya meningkatkan kunjungan wisata selama momen libur Lebaran.

"Tiga kawasan wisata strategis telah ditetapkan, mencakup wisata olahraga seperti paralayang, arung jeram di Sungai Cimanuk, dan trekking di berbagai taman alam," tambahnya.

Tak hanya itu, kekayaan budaya juga menjadi daya tarik utama, terutama di wilayah Kecamatan Ligung, Jatiwangi dan sekitarnya yang kaya akan kerajinan dan seni budaya.

Ida menambahkan bahwa salah satu destinasi yang patut dikunjungi adalah Kawitwangi, sebuah konsep gabungan kawasan wisata yang berada di Kecamatan Rajagaluh, Sindang, Argapura hingga Sindangwangi.

Kawasan objek daya tarik wisata tersebut menampilkan berbagai destinasi alam yang menakjubkan, seperti air terjun, tempat berkemah dan pemandangan alam yang memukau.

"Kawasan wisata Kawitwangi menampilkan beragam destinasi wisata unggulan, termasuk Ciboer Pass, Panyaweuyan, Curug Cipeuteuy, Talaga Herang, dan masih banyak lagi," tambah Ida Heryani.

Kepala Disparbud Majalengka menegaskan bahwa dengan segala potensi yang dimiliki, pariwisata Majalengka siap menyambut antusiasme para pengunjung dengan berbagai penawaran menarik.

Sementara itu, Penjabat Bupati Majalengka, Dedi Supandi berharap kepada ratusan juta pemudik yang melintasi Tol Cipali dan Tol Cisumdawu, terlebih dahulu mampir ke kota berjuluk Angin.

"Saya pengen mereka (pemudik lebaran) keluar dulu ke Majalengka menghilangkan kemacetan dan beristirahat, nikmati kuliner khas Majalengka, termasuk menikmati keindahan pariwisata Kabupaten Majalengka," jelasnya. (*)

Pewarta : Hendri Firmansyah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Majalengka just now

Welcome to TIMES Majalengka

TIMES Majalengka is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.