https://majalengka.times.co.id/
Wisata

Wisata Alam Talaga Pancar, Buper di Tengah Hutan Pinus Majalengka

Sabtu, 30 Maret 2024 - 11:35
Wisata Alam Talaga Pancar, Buper di Tengah Hutan Pinus Majalengka Wisata Alam Talaga Pancar Kabupaten Majalengka. (FOTO: Disparbud Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMES MAJALENGKA, MAJALENGKA – Salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi di Desa Lengkong, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, yaitu wana wisata Talaga Pancar.

Talaga Pancar merupakan sebuah area bumi perkemahan (Buper) yang dikelilingi oleh hutan pinus yang mampu menghadirkan suasana nyaman untuk merelaksasi diri dari penatnya hiruk pikuk perkotaan.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka, H. Ida Heryani, objek wisata Talaga Pancar ini sudah ada sejak tahun 1992, namun telaga yang menjadi daya tarik utamanya baru dibuka untuk umum pada tahun 2017. 

"Pengelolaannya saat ini dilakukan oleh Lembaga Desa Masyarakat Hutan (LDMH) yang merupakan inisiatif dari masyarakat setempat," kata Ida Heryani, Sabtu (30/3/2024).

Meskipun terletak di tengah hutan, akses menuju wana wisata Talaga Pancar tergolong mudah. Lokasinya bahkan sudah dapat ditemukan di pencarian Google Maps.

Wisata-Alam-Talaga-Pancar-2.jpg

Dari pusat kota Majalengka, wisatawan hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 18 km atau sekitar 45 menit untuk sampai ke lokasi destinasi wisata tersebut.

Sesampainya di wana wisata Talaga Pancar, para pengunjung akan disambut oleh pemandangan alam yang menakjubkan. Udara sejuk alam bebas serta hamparan hijau hutan pinus akan membuat siapapun betah berlama-lama menikmati kesejukan alami.

"Bagi para penggemar camping, tempat ini sangat ideal. Area sekitarnya dipenuhi oleh pepohonan pinus yang rindang, sehingga menciptakan suasana tenang dan damai," ujar Ida.

Selain camping, pengunjung juga dapat menikmati keindahan telaga yang terletak di bagian timur obyek wisata. Meskipun tidak terlalu luas, keindahan telaga ini sungguh menyejukkan mata, terutama saat melihat ikan-ikan berenang di dalam air yang jernih.

Wana wisata Talaga Pancar juga merupakan destinasi yang cocok untuk berwisata bersama keluarga. Di sini tersedia berbagai fasilitas seperti area playground untuk anak-anak, spot selfie yang menarik, toilet, mushola dan beragam warung jajanan untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum pengunjung.

Segala pesona alamnya dan fasilitas yang ditawarkan, wana wisata Talaga Pancar di Kabupaten Majalengka sangatlah sayang jika sampai dilewatkan. Bagi para pencinta alam dan petualangan, tempat ini akan memberikan pengalaman berkesan yang mesti dieksplorasi. (*)

Pewarta : Hendri Firmansyah
Editor : Bambang H Irwanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Majalengka just now

Welcome to TIMES Majalengka

TIMES Majalengka is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.