https://majalengka.times.co.id/
Berita

Luar Biasa, Kadin Majalengka Buka Pasar UMKM di Jerman

Sabtu, 17 April 2021 - 13:51
Luar Biasa, Kadin Majalengka Buka Pasar UMKM di Jerman Ketua Kadin Indonesia, Majalengka, Redi Sugara (kiri) bersama Sekjen PAJ, Don Haidy Abel (kanan) saat menjalin kerja sama untuk memasrkan produk UMKM di Jerman. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMES MAJALENGKA, MAJALENGKA – Kamar Dagang dan Industri Indonesia Kabupaten Majalengka (Kadin Majalengka), Jawa Barat, akan mendorong pelaku Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Majalengka berkembang dan tumbuh.

"Kami berkomitmen akan terus mendorong dan membantu para pelaku UMKM Majalengka punya pasar ekspor luar negri," ungkap Ketua Kadin Indonesia, Kabupaten Majalengka, Redi Sugara, Sabtu (17/4/2021)

Menurut Redi, salah satu komitmen tersebut, bahwa pihaknya antara Kadin Indonesia, Majalengka mengaku telah bekerjasama dengan Perhimpunan Alumni Jerman (PAJ).

"Di saat pertemuan tersebut, kami membawa produk yang siap dipasarkan di sana (PAJ). Bahkan, PAJ pun siap bekerjasama untuk membuat pasar ekspor UMKM Kabupaten Majalengka," jelasnya.

Don-Haidy-Abel-2.jpg

Redi menilai, bahwa dengan adanya kerjasama antara Kadin Indonesia, Majalengka dengan PAJ tersebut, menjadi langkah terobosan membangun akses pasar bagi seluruh produk lokal ke luar negeri.

"Sehingga pasar UMKM, akan terbantu dengan membuka pintu dan ruang baru dalam memasarkan hasil produksinya," ujarnya.

Artinya, kata dia, dengan kolaborasi antara Kadin Indonesia, Majalengka dan PAJ maka menjadi pintu pembuka harapan baru bagi pelaku UMKM Majalengka untuk bisa memperluas pasar, khususnya perdagangan antar negara.

"Pelaku UMKM terbukti mampu menjadi benteng di tengah krisis. Karenanya UMKM harus terus dipacu dengan keterbatasannya bisa bersaing di pasar domestik dan global," jelasnya.

Intinya, Kadin Indonesia, Majalengka siap membantu para pelaku Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah Majalengka, sehingga bisa bersaing di pasar lokal dan Internasional.

"Dengan kontribusi sebesar itu, sebagai upaya mendorong pertumbuhan UMKM Majalengka, maka kami juga berharap faktor kualitas produk UMKM harus tetap diperhatikan," tuturnya.

Sementara itu, Sekjen PAJ, Don Haidy Abel mengungkapkan, bahwa adanya kerjasama antara Kadin Indonesia, Majalengka dengan PAJ tersebut, untuk mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah Majalengka.

"Kami siap bekerjasama dengan Kadin Indonesia, Majalengka dan kerja sama ini bertujuan membantu produk UMKM Majalengka, terlebih di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini," imbuhnya.

Don Haidy Abel menjelaskan, terkait implementasi kerja sama tersebut, PAJ siap memasarkan produk UMKM Majalengka di Jerman. Ia berharap nantinya kerja sama ini akan menyerap ribuan UMKM Kabupaten Majalengka.

"Kadin Majalengka dengan PAJ, telah membahas beberapa hal yang bisa kita lakukan bersama, tentunya ini untuk mencapai level yang lebih tinggi lagi serapannya di Jerman," jelasnya. (*)

Pewarta : Jaja Sumarja
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Majalengka just now

Welcome to TIMES Majalengka

TIMES Majalengka is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.